Tuesday, 19 March 2024 08:32:31

Tips Desain Interior Rumah Kantor Minimalis Modern

Desain + tips rumah kantor minimalis tingkat : efesien & efektif - Kantor adalah tempat kedua setelah rumah, dimana Anda menghabiskan waktu mengerjakan pekerjaan Anda disana, sehingga kantor bisa dikatakan sebagai rumah kedua. Seiring dengan kemajuan desain arsitektur sebuah bangunan, ada sebuah pendekatan desain yang menggabungkan 2 fungsi dari 2 bangunan yang berbeda dalam 1 lokasi yang sama. Salah satu contohnya adalah rumah kantor (rukan atau home office).

Konsep desain rukan sedikit berbeda dengan ruko, dimana ruko biasanya meletakkan toko di lantai dasar dan rumah tinggal di lantai atas. Rukan adalah sebuah rumah yang memiliki konsep desain interior layaknya kantor pada umumnya, namun juga bisa ditinggali dengan menyisakan satu atau dua kamar sebagai tempat tinggal.

Desain Rumah Kantor Tampak Depan Dan Samping

Untuk membuat sebuah desain rumah kantor modern dan minimalis, diperlukan adanya konsep matang dengan cita rasa khas rumah tinggal minimalis, namun memasukkan komponen kantor di dalamnya seperti foyer, ruang rapat, area kerja staff, gudang dan ruang kerja direksi atau pimpinan.

Gambar Interior Rumah Kantor Di Atap Rumah

Kamar-kamar yang awalnya berfungsi sebagai kamar tidur, disulap menjadi ruang komponen kantor tersebut. Terlebih jika memiliki garasi dan attic / kolong atap rumah, ruangan tersebut bisa difungsikan sebagai gudang kantor. Dan bagian carport menjadi lahan parkir kendaraan staff dan pemilik rumah.

Desain Rumah Kantor Minimalis Sederhana

Merancang desain sebuah rumah minimalis tentu membutuhkan banyak ide, apalagi menggabungkan fungsi rumah dan kantor menjadi satu. Beberapa ide populer pada desain rumah kantor minimalis sederhana adalah memanfaatkan ruang yang cukup besar menjadi ruang rapat direksi dan staff, ruang yang cenderung kecil menjadi ruang staff dan ruang pimpinan, dinding yang dipasang kabinet gantung untuk menata file-file perusahaan dan perkakas kecil kantor, serta penerangan dan AC di beberapa sudut strategis.

Foto Interior Rumah Kantor 1 Lantai Minimalis

Dan yang tidak kalah penting adalah penataan furniture khas kantor seperti meja kerja. Anda bisa menyiasati ruangan kerja staff yang cenderung sempit dengan memasang meja kerja letter L, I atau U yang menempel pada dinding ruangan dan memasang partisi ruangan kantor per staff. Dan membuat ruang utama menjadi ruang penerimaan tamu/ruang transisi sekaligus ruang kerja beberapa staff.

Desain Rumah Kantor Tingkat 2 dan 3 Lantai

Strategi pemanfaatan ruang tidak hanya berlaku pada desain rumah kantor modern berlantai satu, namun juga berlantai 2 dan 3. Dengan adanya lantai tambahan, maka ruang kerja banyak staff bisa dibagi menjadi 2 lantai, dan ruang kerja pimpinan berada di lantai paling atas. Sehingga urusan pekerjaan bisa berkonsentrasi pada 2 lantai bawah dan urusan keluarga bisa menyesuaikan di lantai atas dan ruang transisi lantai dasar.

Contoh Desain Interior Rumah Kantor Minimalis Modern

Salah satu contohnya adalah desain rumah kantor tingkat 3. Lantai dasar dimanfaatkan sebagai ruang penerimaan tamu (Front Desk / Receptionist) dan beberapa meja staff, lantai 2 menjadi ruang khusus staff dengan penataan furniture sesuai dengan bentuk rumah, dan lantai atas menjadi ruang kerja pimpinan direksi, ruang rapat dan kamar tinggal. Pengkhususan ruang transisi di lantai dasar ini sangat tepat untuk menerima tamu meski dengan tujuan berbeda, baik profesional kerja atau tamu keluarga.

Tips Interior Rumah Kantor

Desain rumah kantor modern tidak lepas dari beberapa hal penting yang perlu diperhatikan agar fungsi dari komponen rumah tersebut secara maksimal dapat dimanfaatkan sebagian besar sebagai fungsi kantor. Berikut ini kami sajikan tips interior rumah kantor yang dapat menjadi referensi Anda dalam mendesai sebuah rumah kantor modern minimalis.

  • Meski fungsi kantor mendominasi pada desain rumah kantor, namun sebisa mungkin desain ini tidak mengganggu produktifitas pribadi dan keluarga, atau menghilangkan fungsi rumah tinggal bagi si pemilik.
  • Gunakan material alami seperti keramik batu alam pada dinding dan warna-warna hangat pada dinding dan furniture untuk menciptakan suasana nyaman dan ekspresif saat bekerja dan melakukan aktifitas keluarga.
  • Agar tidak mengganggu fungsi utama rumah kantor sebagai hunian tinggal, buatlah akses yang tidak menonjol dari ruang transisi ke ruang kantor / staff.
  • Perhatikan pencahayaan, sirkulasi udara (ventilasi) dan ruang gerak pada rumah kantor. Tambahkan jendela besar atau pintu ganda sehingga ruangan kantor bisa terasa lebih lega dan luas (tidak menghalangi / membatasi ruang gerak staff dan anggota keluarga).
Loading...

Topic: tampak depan kantor modern, rumah minimalis pintu depan samping, interior rumah usaha yang, contoh kantor perwakilan negara asing, foto rumah kantor terbaru si, interior rumah usahay, interior rumah usaha sampingan, foto rumah kantor terbaru viral, contoh kantor rumah, interior kantor minimalis, tips desain interior rumah kantor minimalis modern.

Tips membangun atau merenovasi rumah kantor minimalis agar maksimal dan menghasilkan. Contoh desain rumah kantor modern baik tingkat maupun 1 lantai. Category: Gambar Desain Rumah, Rumah Kantor, Tips Rumah. Tagged with: , , .
error: Content is protected !!