Tuesday, 19 March 2024 10:49:20

Tips Membuat Ventilasi Rumah Sempit yang Baik, Sehat dan Sejuk

8 desain ventilasi rumah tropis sempit : sehat & sejuk - Salah satu komponen yang tak kalah penting pada sebuah hunian adalah keberadaan ventilasi. Ventilasi menjadi kebutuhan utama setiap penghuni rumah karena ventilasi merupakan jalur sirkulasi udara, atau jalur keluar masuknya udara sehingga penghuni rumah merasa sehat dan nyaman tanpa kekurangan udara.

Sebelum menentukan desain ventilasi rumah pada rancangan rumah idaman Anda, ada baiknya untuk memperhatikan lokasi dan posisi rumah (lingkungan sekitar, apakah berada di kawasan perindustrian, perkotaan, perbukitan, atau lokasi semacamnya).

Desain Interior Rumah Dengan Ventilasi Sehat

Sirkulasi udara yang sehat berasal dari pemasangan ventilasi yang tepat. Pastikan bahwa rumah dan seluruh ruangan tidak kekurangan pasokan udara baik, dengan memasang minimal 1 atau 2 ventilasi pada setiap ruangan, baik kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu, dapur bahkan gudang. Beragam model ventilasi rumah ditawarkan di pasaran, dan berikut ini kami sajikan ulasan Desain Ventilasi Rumah Tropis Sempit yang Baik dan Sejuk, beserta tips ventilasi rumah agar sejuk.

Ventilasi Rumah Tropis yang Sehat

Indonesia terkenal sebagai negara tropis yang kaya akan sinar matahari, yang menyinari bahkan sepanjang tahun. Rancangan rumah minimalis ideal di Indonesia utamanya dapat mengakomodasi iklim tropis dan menyesuaikan dengan 2 musim, yaitu musim kemarau dan penghujan. Pembangunan rumah di iklim tropis setidaknya bisa menekan masalah yang timbul seperti tingkat kelembaban tinggi, cuaca yang tak menentu dari panas ke dingin, serta terpaan hujan dan panas matahari secara terus-menerus.

Untuk membuat rumah tinggal yang nyaman dan sehat, diperlukan ventilasi rumah tropis yang sesuai, meski sudah memiliki bukaan pintu dan jendela yang cukup lebar. Aliran udara yang cukup akan mengurangi tingkat kelembaban dan suhu panas dalam rumah. Ventilasi rumah tropis yang ideal adalah dengan membuat bukaan lagi pada dinding yang berhadapan setidaknya 2 hingga 3 buah. Bukaan pada dinding yang berhadapan/bersebrangan dapat membuat aliran udara mengalir secara optimal.

Rumah Tropis Dengan Ventilasi Yang Sehat

Ventilasi rumah tropis bisa juga berupa lubang atau bukaan di atas pintu dan jendela, serta di bagian bawah pintu dan jendela. Di beberapa perumahan sekarang ini memasang jalusi pada daun pintu dan jendela serta ventilasi yang cukup baik di bagian bawah dinding. Ukuran bukaan ini sebisa mungkin disesuaikan dengan luas ruangan serta jumlah pintu dan jendela. Jangan terlalu besar apabila sebuah ruangan sudah cukup dengan 2 buah jendela dan 1 pintu, serta jangan terlalu kecil apabila dalam ruangan tidak ada jendela dan hanya 1 pintu.

Desain Ventilasi Rumah Sempit Yang Baik

Rumah minimalis tidak selalu berada di lahan yang luas. Bagi Anda yang memiliki keterbatasan lahan untuk membua sebuah hunian tinggal, jangan kawatir. Pembuatan desain ventilasi rumah sempit yang baik bisa disiasati dengan peletakan bukaan diatas jendela dan pintu, atau cukup 2 bukaan sejajar pada bagian atas dinding. Yang paling penting adalah, fungsi utama ventilasi tetap ada meski dengan struktur dan ukuran ventilasi yang tidak lebar. Kemudian Anda bisa menambahkan kipas untuk menjaga agar udara di dalam ruangan tetap bergerak.

Ventilasi Kamar Mandi Minimalis

Tidak menghilangkan fungsi ventilasi tersebut, saat ini desain ventilasi rumah sempit yang baik sudah cukup banyak sehingga menambah nilai estetika meski berada di rumah yang sempit.

Tips Ventilasi Agar Rumah Sejuk

Untuk memfasilitasi rumah dengan sirkulasi udara yang baik di iklim tropis, maka diperlukan tips ventilasi agar rumah sejuk seperti penjelasan dibawah ini.

Gunakan cross ventilation system atau sistem ventilasi silang

Sistem ini paling sering digunakan pada perumahan masa kini, dengan membuat 2 bukaan di kedua sisi ruangan, sehingga udara yang masuk dapat bergerak dan berganti secara optimal. Udara masuk lewat ventilasi atas dinding, kemudian mengalir ke tengah ruangan dan memenuhi seluruh ruangan, kemudian keluar melalui ventilasi bawah dinding. Hal ini juga membuat suhu ruangan tetap normal.

Ventilasi atap untuk ruang sempit

Agar ruangan yang cukup sempit terasa sejuk dan hemat energi, gunakan bukaan ventilasi atap. Ventilasi atap biasanya diletakkan di kisi-kisi kayu dan plafon. Udara dari atas akan masuk dan keluar serta memenuhi ruangan yang sempit, sehingga terasa nyaman dan sejuk meski ukuran ruangan sempit.

Barrier system pada ventilasi

Untuk menghalangi volume udara panas yang masuk, dan menjaga ruangan tetap sejuk, gunakan barrier system pada ventilasi. Cara ini cukup umum digunakan di perumahan iklim tropis, yaitu dengan menggunakan barier berupa tanaman hijau di sisi rumah. Tanaman hijau ini lah yang mengurangi kadar panas yang akan masuk ke dalam rumah.

Loading...

Topic: ventilasi rumah, model ventilasi rumah dari kayu, desain ventilasi atap, model ventilasi rumah, ventilasi rumah minimalis, model ventilasi kayu, ukuran ventilasi rumah minimalis, ventilasi rumah yang sehat menurut, desain rumah ventilasi bagus, model ventilasi dalam ruangan 5, ventilasi rumah yang terang, ventilasi rumah sempit minimalis, model desain ventilasi rumah, alat untuk pengujian ventilasi adalah, ventilasi rumah yang bersih, tips membuat ventilasi rumah sempit yang baik, sehat dan sejuk.

Cara membuat ventilasi rumah sempit yang baik. Desain ventilasi rumah tropis sehat dan sejuk. Category: Interior Rumah, Tips Rumah. Tagged with: , , .
error: Content is protected !!