Tuesday, 19 March 2024 11:54:18

Desain Mushola Dalam Rumah : Minimalis dan Modern

Desain interior mushola sederhana modern dalam rumah - Memiliki ruang peribadatan sendiri di dalam rumah tentu menambah nilai nyaman bagi penghuninya. Menunaikan ibadah sholat lima waktu memang dapat dilakukan di kamar masing-masing, namun alangkah baiknya jika rumah yang dihuni memiliki ruangan khusus untuk hal tersebut.

Menghadirkan mushola sederhana di dalam rumah minimalis Anda bukanlah hal sulit. Sebenarnya Anda cukup menyiapkan satu ruangan yang didedikasikan khusus untuk ruang sholat. Namun demi menambah kekhusyukan dan keindahan mushola Anda, tidak ada salahnya sedikit memoles ruang ibadah tersebut dengan desain sesuai keperluan.

Desain Mushola Kecil Dalam Rumah Sederhana

Desain mushola dalam rumah jelas berbeda dengan mushola luar rumah. Pada mushola luar, Anda dapat dengan mudah mengatur arah hadap mushola dengan kiblat. Mushola luar pun memiliki bangunan tersendiri sehingga tidak perlu disesuaikan dengan ruangan-ruangan lain di dalam rumah.

Untuk mushola kecil di dalam rumah, sebaiknya Anda pilih ruangan berukuran sedang, sekitar 3×3 meter, guna keperluan sholat berjamaah seluruh keluarga. Ruangan ini sebaiknya tidak diberi jendela yang terlalu lebar, terutama yang searah dengan kiblat, agar tidak mengganggu kekhusyukan saat beribadah. Anda cukup memberi ventilasi pada beberapa bagian dinding, atau jika perlu menambah jendela, tempatkan pada arah yang berlawanan dengan kiblat.

Ruangan yang akan dipakai untuk mushola sebaiknya juga berdekatan dengan kamar mandi agar tidak perlu melangkah terlalu jauh jika ingin mengambil air wudlu. Lebih baik lagi jika mushola tersebut memiliki kamar mandi dalam. Untuk membedakan fungsi ruang, beri warna keramik yang berbeda untuk mushola dengan ruangan-ruangan lain.

Desain Mushola Modern Rumah Minimalis

Desain mushola dalam rumah juga sebaiknya tidak terlalu jauh dari kamar tamu. Tujuannya, agar tamu yang ingin menumpang sholat dapat langsung mengakses mushola tanpa perlu melihat bagian rumah yang lain.

Desain Interior Mushola Minimalis Modern

Selain memilih ruangan yang tepat untuk mushola, desain interior mushola juga tidak kalah pentingnya. Mushola sebisa mungkin dapat memberikan atmosfer ibadah yang menyejukkan bagi penghuni rumah, sehingga desain interiornya harus dibedakan dengan ruangan lain.

Mushola Sederhana Dalam Rumah

Langkah pertama untuk memoles mushola Anda adalah dengan menempatkan karpet berpola mozaik atau karpet sajadah sebagai alas lantai. Selain menjadi ciri khas rumah ibadah, karpet juga menjaga kesucian tempat sholat Anda dari kotoran-kotoran yang mungkin menempel di lantai.

Langkah selanjutnya dalam desain mushola adalah melengkapi ruangan dengan perabot yang berfungsi peribadatan, seperti dampar untuk mengaji Al-Qur’an, rak buku tempat meletakkan Al-Qur’an dan buku-buku keagamaan, serta lemari kecil untuk meletakkan sajadah, sarung, dan mukena.

Agar mushola semakin cantik, Anda bisa menambahkan kaligrafi berlafadz ayat-ayat suci pada dinding mushola. Mengukir kata “Allah” dan “Muhammad” pada dinding juga semakin menguatkan kesan syahdu dan khusyuk. Lebih baik lagi jika Anda mendesain tempat khusus untuk imam, yang biasanya berupa ceruk kecil di dalam dinding, untuk memperkuat kesan ruang ibadah.

Loading...

Topic: desain interior mushola mungil minimalist, desain mushola modern, desain mushola unik, mushola kecil dalam rumah mbaru, foto mushola minimalis di, model ruang mushola rumah aesthetic, konsep desain mushola dalam rumah, desain mushola dalam rumah minimalis, model mushola dalam rumah sederhana, mushola dalam rumah modern, ruang sholat dalam rumah mbaru, desain mushola dalam rumah : minimalis dan modern.

Kumpulan contoh desain mushola untuk rumah minimalis modern, baik mushola dalam rumah maupun mushola luar rumah. Category: Interior Rumah. Tagged with: , , .
error: Content is protected !!