Tuesday, 19 March 2024 07:50:13

Tips Cara Memilih Lantai Keramik Minimalis Harga Terbaik

32 model & harga keramik lantai dapur, ruang tamu, teras + kamar mandi - Keramik lantai atau biasa disebut floor tile tentunya menjadi material yang penting dalam desain dan dekorasi interior rumah, terlebih saat ini motif dan tekstur yang beredar semakin beragam. Keramik lantai biasanya terdiri dari bermacam material, sehingga bisa menyesuaikan berbagai permukaan tanah. Selain itu, keramik lantai mempunyai ukuran-ukuran dan potongan (juga motif dan tekstur) tertentu yang bisa disesuaikan dengan konsep dan tema dari sebuah ruangan. Keramik lantai yang dipasang pada ruang tamu tentunya berbeda dengan yang dipasang di dapur atau kamar mandi.

Model Keramik Lantai Terbaru

Lalu bagaimana caranya menentukan keramik lantai yang tepat sesuai material, ukuran, potongan, motif dan polanya? Nah, berikut ini kami sajikan tips dan cara memilih keramik lantai terbaik, baik keramik lantai untuk ruang tamu, dapur dan kamar mandi untuk rumah idaman Anda. Seperti selayaknya sebuah masalah kecil dalam mendesain interior ruangan, menentukan keramik lantai yang pas adalah sebuah masalah yang erat kaitannya dengan fungsi dan kegunaannya.

Tips Memilih Keramik Lantai : Menentukan Tempat Pemasangan Keramik Lantai

Yang pertama dalam tips memilih keramik lantai, tentukan dulu dimana keramik lantai akan dipasang. Ya, seperti yang dibahas diawal, tentunya keramik lantai yang dipasang di ruang tamu berbeda dengan yang dipasang di lantai dapur atau kamar mandi. Menentukan secara tepat dimana keramik lantai akan dipasang akan membantu Anda dalam menentukan ukuran dan bahan (material).

Jenis Keramik Lantai Minimalis

Memilih Keramik Lantai Ruang Tamu

Untuk keramik lantai ruang tamu, ada satu tips yang tidak boleh Anda lupakan yaitu pilihlah ukuran keramik lantai medium hingga besar (larger tiles). Pada umumnya kita akan temukan desain interior ruang tamu dengan keramik lantai berbentuk Square and Rectangular tiles atau persegi 30×30 cm. Bentuk ini memang paling mudah dipasang daripada irregular shape, selain itu lebih mudah untuk dipotong dengan ukuran yang sama.

Untuk menjadikannya tampak “tidak biasa”, maka Anda juga perlu menetukan konsep, tema dan keramik dinding pada ruang tamu. Jika Anda menginginkan kesan elegan dan mewah, Angelica Henry Design menyarankan untuk Anda memilih material keramik lantai porcelain dengan mirror inlays. Mirror inlays inilah yang akan membuat tampilan ruang tamu menjadi stunning!

Keramik Lantai Dapur yang Ideal

Tidak ada salahnya memasang square and rectangular larger tiles pada bagian dapur, yang harus diperhatikan adalah material keramik lantai untuk dapur. Tips memilih keramik lantai dapur yang lebih cocok dan fungsional adalah dengan menggunakan keramik lantai bermaterial anti air, dan mudah dibersihkan. Tidak mengherankan memang mengingat dapur merupakan tempat dimana minyak, saus, air dan bahan masakan lain bisa saja jatuh dan membuat lantai menjadi kotor, licin, bahkan berbekas. Bekas bahan masakan ini pun bisa mengubah tekstur serta warna keramik, sehingga pemilihan material keramik lantai dapur menjadi sangat penting.

Material Glass Tiles dan Porcelain adalah yang paling sering dipilih untuk keramik lantai dapur. Glass Tiles adalah materi yang sangat mudah dibersihkan, juga tidak meninggalkan bekas meski yang tercecer diatasnya adalah bahan yang lengket, atau berwarna pekat. Sekarang ini semakin banyak variasi pattern pada Glass Tiles misalnya persegi dan mozaik.

Sedangkan porselen adalah material keramik yang “tidak mudah licin” sehingga banyak material ini lebih sering digunakan pada lantai dapur dan kamar mandi. Selain itu, porselen juga bertekstur aman bagi pejalan kaki, sehingga tidak membuat pejalan terpeleset.

Keramik Lantai Kamar Mandi Minimalis

R. D Sherrill, salah satu pengembang konstruksi yang sudah berpengalaman lebih dari 30 tahun, memberikan salah satu tips memilih keramik lantai kamar mandi, yaitu pemilihan material Glossy and Glass Tiles yang lebih mudah kering setelah terkena air. Porcelain dan ceramic tiles juga merupakan material keramik lantai yang tepat untuk kamar mandi. Permukaan pada porcelain dan ceramic tiles terbukti lebih aman dan ideal untuk dipasang di kamar mandi karena mudah dibersihkan, mudah kering, dan juga sangat pas untuk decal ornamentation.

Selain itu, ada juga Natural Stone tiles yang merupakan salah satu jenis keramik lantai yang lebih tepat digunakan pada kamar mandi (sebagian desainer juga menempatkannya pada lantai dapur) karena permukaan pattern pada natural stones tiles yang anti-slip, sehingga aman bagi pejalan (tidak mudah terpeleset). Selain itu, jenis smooth natural stones tiles mudah dibersihkan dan bertektur lebih halus.

Tips Memilih Keramik Lantai : Keramik Lantai Teras

Pemilihan keramik lantai pada ruang teras juga berbeda dengan keramik lantai ruang lainnya dalam rumah. Dengan pemilihan dan pemasangan keramik lantai yang tepat, akan menambah nilai desain teras dan bahkan dapat membuat ekstensi yang luar biasa dari interior keseluruhan bangunan rumah.

Keramik Lantai Teras Berpola

Dalam memilih keramik lantai teras sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal seperti ketahanan keramik itu sendiri, tekstur keramik, bahan keramik, ukuran hingga harga yang sesuai dengan bujet Anda. Tidak perlu khawatir, kami akan mengulas faktor-faktor diatas agar memudahkan Anda untuk memilih keramik lantai teras yang baik dan worth it.

Durability atau Ketahanan Keramik Lantai

Keramik lantai teras yang terpasang di luar ruangan tentunya akan menghadapi perubahan suhu dan temperatur yang relatif signifikan. Sehingga memilih keramik lantai teras tentunya disesuaikan dengan cuaca sekitar. Keramik lantai dengan durability atau ketahanan jangka panjang akan lebih sesuai untuk teras.

Contoh Keramik Lantai Untuk Teras

Keramik lantai dengan hardwearing atau pelapisan tebal dengan warna tahan lama dapat menjadi solusinya. Selain dapat bertahan dalam jangka lama dalam cuaca yang tak menentu, keramik lantai dengan durability yang sesuai dapat menahan unsur air dan tanah becek serta UV Stable.

Keramik Lantai : Stain, Water and Slip Resistant

Tumpahan noda, air dan hujan bisa saja membasahi keramik lantai teras. Nah, pemilihan keramik lantai yang tahan akan tumpahan tersebut adalah yang paling baik bagi keramik lantai teras. Jika keramik lantai yang dipasang merupakan stain and water resistant, maka pijakan ke lantai pun tidak akan terasa licin atau anti-slippery. Sering kali ditemukan keramik lantai yang dirasa licin bahkan besar kemungkinan terpleset setelah alas kaki terkena air hujan atau tanah becek. Maka, dibutuhkan ubin atau keramik lantai yang tahan slip sehingga meminimalisir kemungkinan terpleset.

Material Keramik Lantai : Pilih Porcelain Tiles

Setelah memperhatikan beberapa hal diatas, maka solusi yang paling tepat dalam tips memilih keramik lantai teras adalah porcelain tiles. Porcelain tiles memang dikenal sangat tepat untuk keramik lantai dengan ketahanan jangka panjang, water and stain resistant, anti-slippery, frekuensi penyerapan air yang rendah serta tahan dalam perubahan suhu.

Jenis keramik lantai ini bahkan bisa bertahan hingga 10 tahun setelah masa pemasangan. Selain itu, porcelain tiles memiliki motif, warna dan tekstur yang sempurna sehingga memungkinkan transisi yang pas antara interior rumah dan eksterior lantai.

Ukuran Keramik Lantai Teras

Tidak jauh berbeda dengan keramik lantai pada umumnya, ukuran keramik lantai teras dapat disesuaikan dengan luas lantai teras, bisa 30×30, 40×40, atau 60×60.

Kisaran Harga Keramik Lantai Teras

Harga yang dipatok di pasaran tentunya berdasarkan merk, golongan, ukuran, warna dan motif. Yang paling terjangkau dari merk Arwana dengan ukuran 40×40 seharga Rp 43.500 per m2, brand Platinum 50×50 seharga Rp 75.000 isi 4/karton, 60×60 seharga Rp 86.300 isi 4/karton, dan yang tertinggi dari brand Roman dengan ukuran 33.3×66.6 golongan C isi 5/karton seharga Rp 218.500.

Tips Memilih Keramik Lantai : Sesuaikan Dengan Budget Anda

Memilih keramik lantai tak terlepas dari rancangan anggaran biaya (RAB) yang Anda miliki. Tentunya ini harus Anda atur sedemikian rupa agar jumlah keramik lantai yang dibutuhkan pas dengan ukuran lantai ruangan, dan juga budget Anda. Ada beberapa rentang harga yang bisa Anda jadikan patokan dalam membeli keramik dan harga keramik lantai tersebut juga tergantung dari ukuran, patterns, material keramik lantai, dan merk-nya. Dari beberapa sumber yang kami peroleh, rentang harga keramik lantai adalah sebagai berikut (harga per dus):

  • Ceramic / Non Porcelain Tiles (Dapur dan Kamar Mandi) kisaran Rp 25.000 hingga Rp 250.000
  • Natural Stones Tiles (Dapur dan Kamar Mandi) kisaran Rp 73.000 hingga Rp 200.000
  • Glass Tiles (Ruang Tamu, Dapur, Kamar Mandi) kisaran Rp 65.000 hingga Rp 325.000 untuk Glass Mosaic Backsplash (khusus kamar mandi) kisaran Rp 60.000 hingga Rp 330.000 tergantung dari pattern-nya
  • Porcelain Tiles (Ruang Tamu, Dapur, Kamar Mandi) kisaran Rp 35.000 hingga Rp 275.000
  • Porcelain with Mirror Inlays (Ruang Tamu) kisaran Rp 100.000 hingga Rp 450.000

Tips memilih keramik lantai sesuai dengan budget lainnya adalah cek materialnya. Glazur keramik murah memang banyak dicari, namun ketika air terserap justru memunculkan warna yang berbeda sehingga mudah belang. Keramik lantai dengan kisaran harga pertengahan hingga tinggi pada umumnya mampu bertahan pada perubahan temperatur yang drastis dan mudah kering (daya serap air kecil).

Keramik Lantai Porselen Modern Minimalis

Harga porcelain tiles pun juga memiliki tingkatan, yang bisa diklasifikasikan dalam rating PEI atau Porcelain Enamel Institute 4 atau 5. Yang tertinggi adalah yang paling bagus dan cocok untuk keramik lantai dapur.

Tips Memilih Keramik Lantai : Seberapa Sering Lantai “Diinjak”

Tips memilih keramik lantai juga tidak lepas dari seberapa seringnya pejalan menapaki lantai. Pilihlah keramik yang tahan meski “sering diinjak”, mudah dibersihkan dari tumpahan makanan, minyak, air, noda dan saus, goresan benda atau hewan peliharaan. Pastikan bahwa keramik lantai yang Anda pilih adalah yang benar-benar mempunyai fungsi sebagai keramik lantai (floor tiles), bukan keramik dinding (wall tiles). Keramik dinding pada umumnya jauh lebih licin dan berpotensi membuat pejalan terpeleset.

Model Keramik Lantai Glass Mosaic

Seperti misalnya Natural Stones Tiles yang digunakan pada kamar mandi. Maka, pasanglah natural stones tiles hanya untuk lantai kamar mandi. Jenis material keramik lantai ini mempunyai standar COF atau Coefficient Of Friction yang tinggi, memang khusus dibuat untuk difungsikan agar meminimalisir slippery atau kemungkinan terpeleset.

Galeri Gambar dan Foto Keramik Lantai Minimalis

Berikut ini kumpulan gambar dan foto keramik lantai minimalis yang bisa Anda jadikan referensi sehingga akan memudahkan Anda unutk menentukan keramik yang sesuai dengan desain interior rumah idaman Anda.

Dengan beberapa tips memilih keramik lantai diatas, Anda bisa menentukan dengan benar seperti apa keramik lantai yang Anda butuhkan sesuai dengan ruangan, budget serta intensitas Anda berjalan pada ruangan tersebut. Semoga bermanfaat!

Loading...

Topic: keramik tangga, keramik lantai, motif keramik lantai ruang tamu, keramik lantai dapur, keramik dinding teras depan, teras di lantai atas disebut, model keramik lantai, keramik lantai halaman rumah di, tips memilih keramik lantai ruang tamu, keramik lantai hijau motif bunga, harga keramik lantai termurah, tips memilih keramik lantai tangga, keramik lantai warna hijau polos, keramik lantai ruang keluarga, keramik hijau daun, tips cara memilih lantai keramik minimalis harga terbaik.

Cara memilih keramik lantai dapur, keramik lantai kamar mandi, keramik lantai teras dan keramik lantai ruang tamu rumah minimalis modern beserta harganya. Category: Interior Rumah, Tips Rumah. Tagged with: , , , , .
error: Content is protected !!