Monday, 20 November 2017 10:22:46

Cara dan Tips Membeli Rumah KPR

Lukita Purnamasari - 5 October 2017 : Tips Rumah

cara membeli rumah kpr btn, tips membeli rumah terpakai, rumah kpr perumahan bogor, tips membeli rumah kpr, tips beli rumah lelong, cara cara membeli rumah, cara membeli rumah kpr jakarta, cara membeli rumah malaysia, tips membeli rumah murah, tips beli rumah second hand, tips membeli rumah kpr murah bekasi, cara membeli rumah pertama, tips membeli rumah second, tips membeli rumah kpr tangerang, tips membeli rumah kpr murah jakarta, cara dan tips membeli rumah kpr.

cara dan tips membeli rumah kpr (kredit pemilikan rumah) lengkap dengan syarat-syarat yang dibutuhkan.

Cara dan tips membeli rumah kpr (kredit pemilikan rumah) - Memiliki rumah sesuai dengan yang diidamkan merupakan dambaan setiap orang. Apalagi, dengan harga properti yang saat ini bisa melonjak tinggi, rumah idaman adalah impian setiap keluarga yang ingin memiliki tempat tinggal layak.

Bagi keluarga berpenghasilan tinggi, memiliki rumah impian tentu bukan hal sulit. Namun untuk keluarga menengah yang penghasilannya masih sedang-sedang saja, tentu membutuhkan fasilitas khusus untuk mewujudkan rumah impian mereka. Salah satu fasilitas tersebut adalah KPR.

Rumah KPR Minimalis

KPR (Kredit Pemilikan Rumah) adalah fasilitas andalan berupa kredit jangka panjang yang digunakan untuk membeli rumah. Kredit ini pelunasannya bisa sampai 15 tahun bahkan lebih, dan pembayarannya langsung melalui bank, sehingga memudahkan bagi mereka yang ingin memiliki rumah minimalis namun dengan kondisi keuangan sedang.

Syarat-Syarat Pengajuan KPR Rumah

Untuk mendapatkan Kredit Pemilikan Rumah tentu tidak begitu saja mengajukan kepada pihak bank. Ada syarat-syarat tertentu yang wajib dipenuhi oleh pemohon KPR. Berikut ini syarat-syarat yang harus Anda lengkapi sebelum mengajukan KPR rumah.

  1. Rekening Tabungan
    Sebelum mengajukan kredit KPR rumah, Anda wajib memiliki buku tabungan yang berfungsi mencatat pemasukan Anda per bulan. Dengan melampirkan penghasilan per bulan, pihak bank akan mempertimbangkan berapa pinjaman yang akan diberikan pada Anda, sesuai dengan kemampuan rata-rata menabung tiap bulan.
  2. Ada Rumah Yang Akan Dibeli
    KPR rumah tidak meminjamkan uang untuk biaya pembangunan rumah Anda, melainkan biaya pembelian rumah yang Anda idamkan. Dengan demikian, Anda harus sudah memiliki rumah incaran yang akan Anda beli, baik rumah baru maupun bekas. Khusus untuk rumah bekas (rumah yang akan dijual oleh pemilik), Anda wajib menyetorkan fotokopi Sertifikat Hak Milik (SHM), Ijin Membangun Bangunan (IMB), dan PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) tahun terakhir.
  3. Lengkapi Dokumen
    Beberapa dokumen yang harus Anda lengkapi untuk mengajukan KPR rumah antara lain formulir permohonan, pasfoto suami istri, buku tabungan, surat nikah, kartu keluarga, fotokopi SK pekerjaan, slip gaji terakhir, NPWP, dan sebagainya.

Rumah KPR Perumahan

Tips dan Cara Membeli Rumah KPR Murah

Selain syarat-syarat yang wajib Anda penuhi diatas ketika mengajukan permohonan rumah KPR, beberapa hal dibawah ini juga perlu Anda pertimbangkan sebelum mengajukan kredit rumah kepada bank.

  • Kesiapan Dana
    Pastikan Anda menyiapkan uang muka sebesar 30%-40% dari total harga rumah. Misalnya rumah yang Anda inginkan berharga Rp 300 juta, maka setidaknya Anda harus memiliki Rp 90 juta untuk uang muka.
  • Mengajukan KPR ke Beberapa Bank
    Semakin banyak Anda mengajukan KPR, maka semakin besar kemungkinan pengajuan Anda diterima. Namun, untuk setiap pengajuan Anda juga harus membayar biaya appraisal sebesar Rp 500 ribu hingga Rp 900 ribu ke bank.
  • Perhatikan Biaya Administrasi, Bunga KPR, dan Penalti
    Biaya-biaya tambahan di luar kredit panjang juga harus Anda perhatikan, termasuk biaya penalti ketika di tengah jalan Anda tidak mampu meneruskan kredit.
  • Memperbaiki Performa Keuangan
    Memiliki KPR rumah berarti Anda harus siap mengencangkan ikat pinggang, karena penghasilan Anda per bulan akan dipotong untuk membayar kredit rumah. Siasati hal ini dengan meningkatkan performa keuangan Anda, seperti menambah pemasukan, cermat pada pengeluaran, hingga berhemat.
  • Menjaga Kepercayaan Pihak Bank
    Satu pelanggaran kecil yang pernah Anda lakukan pada bank, misalnya telat membayar cicilan, akan berpengaruh pada nama baik Anda di mata bank. Sebaiknya jaga kepercayaan dengan membayar tepat waktu dan melunasi semua tunggakan yang mungkin masih membebani Anda.

Cara dan tips membeli rumah KPR (Kredit Pemilikan Rumah) lengkap dengan syarat-syarat yang dibutuhkan.

Tagged with : , , .

Topic : desain plafon hotel minimalis, desain rumah minimalis tipe 36 dengan taman kecil ditengah rumah, cara dan tips membeli rumah kpr.

error: Content is protected !!