Saturday, 27 April 2024 05:52:40

12 Desain Loteng Sebagai Kamar Tidur Rumah Minimalis

Tips memanfaatkan loteng dengan desain kamar minimalis - Loteng, ruangan kecil di atas langit-langit yang bersinggungan langsung dengan atap rumah, kerap hanya digunakan sebagai gudang alias tempat menyimpan barang-barang tak terpakai. Namun jangan salah, loteng ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang lebih berguna, sebagai kamar tidur misalnya.

Kamar tidur loteng sangat cocok diterapkan pada rumah minimalis dengan jumlah kamar terbatas, namun masih ada anggota keluarga yang belum memiliki kamar sendiri. Memanfaatkan loteng untuk kamar tidur juga dengan praktis bisa mengusir hewan-hewan pengerat seperti tikus yang selalu menjadikan loteng sebagai markas.

Desain Kamar Loteng Minimalis

Menyulap loteng menjadi kamar tidur sedikit membutuhkan perlakuan khusus. Pasalnya, loteng di bawah atap adalah tempat perputaran udara dimana udara panas akan dibuang ke luar, sedangkan udara segar dikirim kembali ke dalam rumah. Mengubah loteng menjadi kamar butuh perencanaan matang agar penghuni kamar merasa nyaman.

Contoh Desain Loteng Rumah Modern

Sebelum merancang kamar loteng minimalis, pastikan terlebih dulu ketinggian loteng Anda cukup untuk dimanfaatkan sebagai ruangan. Ketinggian dari lantai loteng (plafon) hingga puncak atap minimal adalah 2,5 meter jika akan digunakan sebagai tempat tidur dewasa. Untuk kamar tidur anak, jaraknya minimal 2 meter.

Setelah itu, Anda perlu menyesuaikan plafon rumah agar bisa dijadikan lantai untuk ruangan baru. Anda bisa membuat lantai dengan mengecor atau di-dak agar kuat dijadikan pijakan dan sanggup menyangga perabotan kamar tidur.

Foto Loteng Minimalis Dengan Kamar Tidur

Atap loteng menjadi hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan. Loteng rumah umumnya memiliki sisi miring simetri pada kanan kirinya, sehingga Anda perlu menyiasati penempatan furniture kamar. Letakkan tempat tidur di bawah langit-langit miring, sedangkan lemari di bawah langit-langit tinggi.

Kamar loteng minimalis jelas tidak bisa seluas kamar tidur biasa. Untuk itu, Anda perlu meminimalisir perabotan yang Anda taruh dalam kamar. Sebisa mungkin hindari menambah perabotan yang kurang penting agar kamar tidak terasa sumpek. Apalagi, loteng terkenal dengan hawanya yang panas sehingga membutuhkan sirkulasi udara yang benar-benar baik.

Desain Loteng Rumah Minimalis Sebagai Ruang Keluarga

Terakhir, Anda pun perlu memperhatikan akses ke kamar loteng minimalis Anda. Penggunaan tangga jelas dibutuhkan, namun jangan sampai mengganggu aktivitas di ruangan bawahnya. Anda bisa menggunakan tangga putar atau tangga lipat yang memang didesain khusus untuk akses ke loteng.

Memanfaatkan Loteng Rumah

Selain sebagai kamar loteng minimalis, loteng rumah juga dapat dimanfaatkan untuk ruangan lain seperti ruang kerja, perpustakaan pribadi, atau ruang duduk. Prinsipnya sama saja dengan kamar tidur, hanya saja dengan perabotan yang berbeda.

Dengan memanfaatkan loteng rumah sebagai ruangan yang bisa ditempati tentu sangat menyenangkan, namun ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan. Selain hal-hal di atas, Anda pun perlu memikirkan kualitas pencahayaan ruangan loteng Anda. Menggunakan lampu yang terang hanya akan menambah tingkat panas dan kesumpekan. Sebaliknya, Anda bisa memanfaatkan cahaya alami matahari dengan memberi jendela pada loteng Anda.

Loading...

Topic: biaya membuat loteng, Loteng di lantai dua minimalis, Kamar loteng minimalis, Kamar loteng, loteng rumah, cara membuat kamar diatas loteng, desain loteng rumah minimalis modern mewah, contoh gambar loteng rumah, desain loteng rumah minimalis modern bali, desain loteng rumah minimalis modern sederhana, gambar loteng rumah minimalis, desain loteng rumah minimalis modern ada, desain kamar di loteng rumah, desain loteng rumah minimalis modern 2, 12 desain loteng sebagai kamar tidur rumah minimalis.

Siapa bilang loteng pada rumah minimalis tidak bisa digunakan? Berikut ini tips untuk memanfaatkan loteng sebagai kamar tidur kecil sederhana minimalis. Category: Atap Rumah, Tips Rumah. Tagged with: , , .
error: Content is protected !!