Tuesday, 19 March 2024 05:19:42

Pondasi Rumah Sederhana Cakar Ayam 1 Lantai & Tingkat

Tips memilih pondasi rumah sederhana cakar ayam 1, 2, dan 3 lantai - Pondasi memegang peranan amat penting dalam arsitektur bangunan rumah. Pondasi rumah ibarat kaki yang menyangga seluruh komponen tubuh di atasnya. Semegah dan seindah apapun rumah dibangun, jika tidak disokong oleh pondasi yang kokoh, belum tentu dapat bertahan dalam hitungan tahun, bahkan sangat berbahaya jika tertimpa gempa.

Pentingnya pondasi rumah membuatnya menjadi tonggak pertama yang harus dipikirkan oleh pemilik rumah. Pondasi rumah berbeda-beda jenisnya, tergantung luas dan tinggi bangunan, kondisi tanah, serta material penyusunnya. Pondasi untuk rumah sederhana 1 lantai di pegunungan tentu berbeda dengan pondasi untuk hotel 4 lantai di daerah pantai.

Pondasi Rumah Sederhana 1 Lantai

Secara umum, pondasi dibagi menjadi dua kategori besar, yakni pondasi dalam dan pondasi dangkal. Pondasi dalam digunakan untuk menyangga bangunan dengan kapasitas beban besar, seperti gedung tinggi, apartemen, hotel, menara, dan sebagainya. Sedangkan pondasi dangkal disiapkan untuk bangunan yang kapasitas bebannya kecil hingga menengah. Pondasi rumah sederhana 1 lantai termasuk ke dalam pondasi dangkal.

Pondasi Rumah 2 Lantai

Ada banyak jenis pondasi rumah yang bisa Anda pilih dari segi materialnya. Pondasi berbahan batu kali adalah yang paling banyak dipilih. Pondasi jenis ini dibuat dengan penampang trapesium dengan sisi pendek berada di atas. Material batu kali direkatkan dengan adukan beton. Pondasi rumah berbahan batu kali sangat cocok untuk tanah yang keras.

Pondasi Batu Kali

Ada lagi pondasi rollag yang menggunakan batu bata dan disatukan dengan adonan beton. Pondasi rumah jenis ini sebaiknya digunakan untuk konstruksi bangunan yang tidak terlalu berat, seperti pagar atau rumah berbahan kayu.

Pondasi Rumah Minimalis 2 Lantai

Pondasi rumah minimalis 2 lantai sedikit berbeda dengan pondasi rumah 1 lantai, mengingat kapasitas bebannya yang tentu lebih berat. Rumah 2 lantai biasanya menggunakan pondasi foot plat dan plat jalur untuk menyokong bangunannya.

Pondasi foot plat sering keliru disebut sebagai pondasi cakar ayam, padahal strukturnya berbeda. pondasi rumah jenis ini dapat ditanam pada titik kolom yang nantinya akan dibangun menjadi rumah 2 lantai.

Contoh Pondasi Rumah Sederhana

Sedangkan pondasi plat jalur merupakan konstruksi beton bertulang yang ditanam memanjang. Pondasi jenis ini kebanyakan dipakai untuk bangunan berlantai tinggi seperti apartemen atau perkantoran. Namun tidak masalah jika Anda ingin menggunakannya untuk rumah 2 lantai milik pribadi, hanya saja dengan biaya yang jauh lebih mahal.

Pondasi Cakar Ayam untuk Rumah Tinggal

Pondasi cakar ayam merupakan pondasi karya anak bangsa yang sangat cocok untuk tanah lunak, terinspirasi dari akar pohon kelapa yang tetap kokoh meski berulang kali tergeser oleh air.

Foto Pondasi Cakar Ayam

Kedalaman pondasi cakar ayam umumnya 1 meter, namun kedalaman dapat bervariasi tergantung tingkat kelabilan tanah. Tanah jenis lempung seperti tanah liat dan tanah merah cenderung lebih labil daripada tanah biasa maupun tanah berpasir.

Loading...

Topic: gambar pondasi rumah, ukuran cakar ayam rumah 1 lantai, contoh perhitungan pondasi rumah 2 lantai, pondasi rumah 2 lantai tanpa batu kali, pondasi teras, pondasi rumah 2 lantai, kedalaman pondasi rumah 1 lantai, cara membuat pondasi pagar, jenis batu untuk pondasi rumah, pondasi cakar ayam 80x80, pondasi rumah 1 lantai tanpa cakar ayam, membuat pondasi rumah tingkat, cara membuat pondasi rumah tingkat, biaya pondasi cakar ayam rumah 2 lantai, pondasi cakar ayam rumah 10x10, pondasi rumah sederhana cakar ayam 1 lantai & tingkat.

Pondasi rumah merupakan salah satu faktor terpenting sebelum membangun rumah. Ini tips membuat pondasi rumah sederhana cakar ayam 1 dan 2 lantai. Category: Pondasi, Tiang Rumah, Tips Rumah. Tagged with: , , , , .
error: Content is protected !!