Tuesday, 19 March 2024 10:19:40

Ini Cara Membuat Ruangan Sejuk dan Dingin Tanpa AC

Cara mudah membuat ruangan sejuk & dingin tanpa AC - Memiliki rumah di Indonesia berarti harus tahan udara panas saat siang hari, terutama pada musim kemarau. Pasalnya, Indonesia merupakan negara tropis di mana matahari bersinar sepanjang tahun, tak peduli pada musim penghujan sekalipun. Maka, membuat rumah menjadi sejuk adalah hal wajib agar penghuni rumah tetap merasa nyaman.

Salah satu cara praktis untuk membuat rumah sejuk dan dingin adalah menggunakan AC. Sayangnya, tak semua orang sanggup membeli teknologi pendingin ruangan ini dan menanggung biaya listrik per bulannya. Lantas, bagaimana caranya membuat ruangan sejuk dan dingin tanpa AC?

Cara Membuat Ruangan Sejuk dan Dingin Tanpa AC

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menyejukkan ruangan tanpa menggunakan AC. Salah satunya adalah memasang ventilasi silang pada rumah Anda.

Apa itu ventilasi silang? Ventilasi silang adalah lubang angin-angin yang diletakkan saling berhadapan pada dua dinding yang berseberangan. Ventilasi silang akan semakin memudahkan sirkulasi udara lantaran udara yang masuk ke dalam rumah akan langsung dikirim ke luar, sehingga suhu di dalam rumah tetap terjaga rendah.

Gambar Rangka Atap Rumah Minimalis

Gambar Rangka Atap Rumah Minimalis

Bisa juga Anda membuat lubang pada gunungan rumah, yakni bagian di bawah atap yang menghadap ke depan dan belakang rumah. Fungsi lubang ini sama dengan ventilasi. Karena angin bergerak dari udara bertekanan tinggi ke udara bertekanan rendah, maka lubang ini akan menjaga suhu rumah tetap sejuk.

Jika Anda memiliki banyak jendela di rumah, sebaiknya buka semua jendela tersebut agar udara dapat bertukar dengan lebih baik. Kurangi pemakaian kompor dan oven saat siang sedang terik-teriknya, karena hal ini dapat menambah suasana panas menjadi semakin gerah.

Pemakaian lampu pijar juga ikut andil menyumbang panas dalam rumah Anda. Sebaiknya matikan semua lampu saat siang hari dan gunakan pencahayaan alami dari sinar matahari saja.

Untuk jangka panjang, agar rumah Anda terbebas dari udara panas, sebaiknya bangun langit-langit tinggi pada rumah Anda. Langit-langit tinggi akan membuat sirkulasi udara lebih baik. Memperbanyak tanaman di sekitar rumah juga bisa menjadi penetral panas karena semakin banyak oksigen yang terpasok ke dalam rumah.

Cara Mendinginkan Ruangan dengan Kipas Angin

Kipas angin adalah alat praktis lain yang segera diraih begitu udara panas tiba. Kipas angin mampu memutar udara tak bergerak di dalam ruangan sehingga hawa menjadi lebih dingin. Cara yang biasa digunakan untuk mendinginkan ruangan dengan kipas angin adalah meletakkan wadah berisi es batu di depan kipas. Uap dingin yang dikeluarkan oleh es batu disebar ke seluruh ruangan oleh kipas angin, sehingga ruangan menjadi sejuk.

Namun, sebaiknya berhati-hati menggunakan kipas angin dalam ruangan tertutup karena akan menyedot oksigen yang ada di ruangan. Mengarahkan kipas langsung ke badan juga tidak baik bagi kesehatan. Sebaiknya arahkan kipas ke dinding dan segera matikan begitu suhu udara menjadi lebih rendah.

Loading...

Topic: cara membuat rak piring dari barang bekas, cara membuat meja lesehan, cara membuat tempat cuci piring dari kayu, cara membuat jemuran lipat dari bambu, cara membuat ruangan sejuk dan dingin, cara membuat tangga beton melayang, cara membuat rak buku dari kardus sepatu, desain rumah sejuk tanpa accuweather, cara membuat ruangan sejuk dan dingin savasci, cara membuat ruangan dingin alaminos, cara membuat ruangan sejuk danny, cara membuat ruangan sejuk, cara mendinginkan ruangan tanpa ac, cara membuat ruangan sejuk bakmi, cara membuat ruangan sejuk dana, ini cara membuat ruangan sejuk dan dingin tanpa ac.

Udara di dalam rumah terasa panas? Berikut ini tips dan cara membuat ruangan rumah agar dingin dan sejuk walau tanpa AC. Category: Tips Rumah. Tagged with: , , .
error: Content is protected !!