Saturday, 27 April 2024 15:42:46

Cara Menghitung RAB Rumah Minimalis Type 36 dan 45

Download contoh + cara menghitung RAB rumah tinggal type 36 & 45 - Mewujudkan desain rumah menjadi rumah tinggal yang sesungguhnya, tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Diperlukan perhitungan yang matang dan tidak asal-asalan terkait Rancangan Anggaran Biaya (RAB) agar rumah minimalis yang Anda inginkan dapat dibangun sesuai dengan yang diharapkan.

Menghitung RAB sebenarnya bukan hanya tugas kontraktor rumah saja. Anda selaku pemilik rumah pun dituntut bisa menyusun sendiri RAB rumah tinggal Anda, agar bisa menjadi masukan bagi kontraktor sekaligus menyiasati jika ada kontraktor “nakal” yang menggelembungkan anggaran biaya.

Mengingat kebutuhan akan RAB ini tak terelakkan lagi, berikut kami bagikan tips cara menghitung RAB rumah tinggal untuk rumah tipe 36 dan rumah 2 lantai tipe 45.

Cara Menghitung RAB Rumah Type 36

Sebenarnya ada rumus sederhana untuk menghitung RAB. RAB rumah tinggal sebenarnya adalah hasil kali antara volume pekerjaan dengan analisa harga per satuan, kemudian ditambah dengan biaya jasa pekerja (jika pengerjaan dilakukan oleh pihak kedua selain kontraktor).

Volume pekerjaan yang dimaksud adalah luas/volume bahan bangunan yang akan Anda dirikan menjadi rumah. Menghitungnya dengan rumus matematika sederhana, yakni panjang kali lebar (p x l) untuk satuan luas meter persegi (m²), dan panjang kali lebar kali tinggi (p x l x t) untuk satuan volume meter kubik (m³).

Contoh RAB Rumah Minimalis Tye 36

Misalnya, untuk pondasi rumah halaman depan (menggunakan batu kali) yang panjangnya 7 meter, lebar 2 meter, dan ketebalan 0,5 meter, didapatlah volume 7 m3. Anda tinggal mengkalikan angka tersebut dengan harga batu kali per meter kubiknya.

Demikian pula jika Anda ingin menghitung biaya pemasangan kaca. Cukup ketahui berapa panjang dan lebar keseluruhan kaca yang ingin dipasang di rumah Anda, misalnya panjang 10 meter dan lebar 2 meter, maka Anda tinggal mengkalikan harga kaca per meternya dengan 20 m2.

Cara ini bisa Anda terapkan pada seluruh tipe rumah, baik rumah tipe 36 maupun tipe 120. Sekalipun masih perkiraan kasar, namun RAB yang Anda susun sendiri tidak akan jauh berbeda dengan RAB rumah tinggal yang disediakan kontraktor.

Contoh RAB Renovasi Rumah 2 Lantai Type 45

Biaya renovasi tentu tidak sama dengan biaya membangun rumah dari nol. Besarnya RAB renovasi rumah 2 lantai tentu tergantung pada banyak sedikitnya sisi bangunan yang ingin Anda rombak. Semakin besar sisi rumah yang ingin Anda ganti, semakin tinggi pula biaya yang harus Anda siapkan.

Contoh RAB Rumah Minimalis Type 45 Tingkat

Rumah 2 lantai tipe 45 biasanya memiliki komponen 1 kamar tidur utama, 2 kamar tidur anak, 2 kamar mandi luar, satu ruang tamu minimalis, dapur dan ruang makan.

Jika Anda ingin merenovasi total, kemungkinan biayanya tidak jauh dari membangun dari awal, yakni sekitar 300-400 juta. Sedangkan untuk renovasi sebagian, kemungkinan hanya menelan biaya 50-200 juta. Untuk memudahkan Anda dalam menyusun RAB rumah minimalis idaman Anda, Anda bisa mengunduh file yang telah kami sediakan di sini. Demikian contoh dan cara menghitung rab rumah type 36 dan 45, semoga bermanfaat.

Loading...

Topic: rab rumah type 36, contoh RAB rumah, rab rumah type 36 excel, contoh rab rumah type 45 excel, contoh rab rumah type 36, rab rumah, nu vot, rab rumah 2 lantai 2023, contoh rab rumah 2 lantai 2019, contoh rab rumah type 36 excel, download rab rumah 2 lantai excel, rab rumah 2 lantai 2020 excel, rab rumah 2 lantai 2022, contoh rab rumah 2 lantai 2020, free download hitung rab rumah 2 lantai excel, cara menghitung rab rumah minimalis type 36 dan 45.

Bingung menentukan anggaran pembangunan rumah minimalias Anda? Berikut ini RAB (Rancangan Anggaran Biaya) rumah tinggal type 36 dan 45 modern. Category: Renovasi Rumah, Tips Rumah. Tagged with: , , , .
error: Content is protected !!