Monday, 25 September 2017 12:13:21

Cara Memilih Lokasi dan Lahan Tanah untuk Membangun Rumah

Lukita Purnamasari - Sunday : Tips Rumah

lahan tempat tinggal santa claus, lahan rumah kantor dijual, denah lokasi perumahan yang bersimpang empat, lokasi perumahan yang strategis, mencari lahan hunian asri kampung, tips menentukan lokasi rumah, lahan tempat tinggal kucing, mencari lahan hunian nomaden, lokasi perumahan strategis di jogja, lahan rumah kantor minimalis, lahan tempat tinggal jin, mencari lahan hunian asri seleb, menentukan lokasi rumah terbalik, mencari lahan hunian idaman, menentukan lokasi rumah subsidi, cara memilih lokasi dan lahan tanah untuk membangun rumah.

tips trik menentukan lahan sebelum membangun rumah minimalis idaman anda.

Cara memilih lokasi / lahan tanah yang ideal untuk membangun rumah - Pada dasarnya, kebutuhan memiliki rumah merupakan kebutuhan dasar setiap keluarga. Namun ini bisa menjadi masalah, khususnya bagi keluarga dengan kondisi finansial terbatas, untuk membeli rumah jadi dengan desain menawan. Solusinya adalah memilih lokasi lahan dan membelinya, kemudian membangun rumah sendiri.

Dalam memilih lokasi dan lahan tanah yang sesuai, kesesuaian budget, karakter dan tekstur tanah serta legalitas tanah menjadi hal penting yang patut diperhatikan. Bagaimana sebaiknya memilih lokasi dan lahan yang tepat untuk bangun rumah sesuai budget? Kali ini kami menyajikan ulasan cara memilih lahan untuk bangun rumah yang tepat sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan Anda dalam memiliki hunian bangun sendiri.

Sesuaikan Ukuran Tanah Dengan Kebutuhan

Periksa seberapa besar kebutuhan ruang bagi keluarga Anda, apakah luas dan besar, atau sederhana minimalis. Dengan begitu, Anda tahu seberapa luas ukuran lahan bangun rumah yang Anda perlukan. Keluarga dengan jumlah lebih dari 5 tentu berada di lahan yang luas, bukan? Setelah mengerti ukuran yang dibutuhkan barulah sesuaikan dengan budget yang Anda punyai. Jangan sampai harga beli tanah justru mengurangi dana konstruksi bangun rumah.

Foto Lahan Rumah Minimalis

Tentukan Lokasi Yang Tepat

Prioritaskan pada lokasi yang strategis dengan fasilitas publik seperti utamanya rumah sakit dan apotik, rumah makan, supermarket dan tempat kerja. Akses menuju jalan besar pun harus diperhatikan, untuk memberikan keleluasaan transportasi masuk dan keluar. Namun lokasi yang jauh dari keramaian pun bisa Anda pilih untuk mendapatkan ketenangan dan kenyamanan.

Gambar Peta Hunian Warga

Perhatikan juga ada apa disekitar lokasi bangun rumah. Apakah dekat dengan persawahan, perkebunan, perindustrian atau memang kawasan padat penduduk. Tiap lokasi memiliki konsekuensi tersendiri. Seperti lokasi bangun rumah dekat perkebunan akan membuat Anda mengeluarkan biaya tambahan untuk mengantisipasi rayap tanah masuk ke rumah. Atau lokasi bangun rumah dekat pantai, maka Anda diharuskan menggunakan semen khusus untuk membuat pondasi rumah yang kuat menahan kikisan air laut dan tanah pantai yang labil.

Pahami Karakter Tanah

Nah, salah satu yang menjadi prioritas utama saat memilih lahan yang tepat untuk rumah minimalis adalah memahami seperti apa karakter tanah pada lokasi tersebut. Pilihkan lokasi dengan tanah bertekstur padat dan pepat seperti tanah perkotaan.

Namun tidak ada salahnya membeli tanah di pedesaan, namun sekali lagi Anda harus pertimbangkan lokasi sekitarnya. Tekstur tanah labil dan mudah amblas ada pada lokasi yang berdekatan dengan persawahan, sungai dan pantai. Tekstur tanah lokasi tersebut lebih lembek. Jika menginginkan lokasi nyaman jauh dari bising, kami sarankan untuk membeli tanah di kawasan gunung kapur. Tanahnnya kuat dan mampu menopang bangunan dengan kokoh.

Pilih Tanah Berlegalitas Jelas

Memilih lahan untuk bangun rumah tentu tidak lepas dari legalitas tanah. Sebelum membeli lahan bangun rumah, pastikan tanah tersebut tercatat secara resmi dan legal di pemerintah, dibuktikan dengan adanya Sertifikat Hak Milik. Jangan sampai karena menyesuaikan budget relatif terjangkau, Anda mengabaikan legalitas tanah ini. Justru di kemudian hari Anda akan mengalami kerugian yang jauh lebih besar.

Tips trik menentukan lahan sebelum membangun rumah minimalis idaman Anda.

Tagged with : , , .

Topic : rumah tipe 21 berapa meter, rumah type 21 berapa meter, type 21 berapa meter, tipe 21 berapa meter, budget membuat rumah tipe 21, rumah megah depan ada songkok baja ringan, berapa ukuran rumah tipe 21, cara menghitung material membangun dapur rumah type 21, cara membuat ruangan rumah ukuran6×12, cara membangun rumah limas, bangun rumah berapa meter dari tanah, Brpa meter tanah untuk rumah tipe 21, bikin rumah sederhana berapa meter luas tanah, berapa meter tanah untuk sebuah rumah sederhana, berapa meter ukuran rumah minimalis, cara memilih lokasi dan lahan tanah untuk membangun rumah.

error: Content is protected !!